NORMA DAN ADAT BUDAYA DALAM BUDIDAYA PADI

 
                                                        
          Dalam kehidupan sosial masyarakat, norma merupakan ketentuan-ketentuan, pedoman dan aturan berprilaku dalam berinteraksi dimasyarakat. Sedangkan adat adalah kebiasaan yang dilakukan secara terus-menerus dan menjadi budaya dalam kehidupan masyarakat. Pada kegiatan budidaya padi di Desa Pasar Terusan, Kecamatan Muara Bulian, Kabupaten Batang Hari, Provinsi Jambi mempunyai norma dan adat yang dilakukan oleh masyarakat. 
Norma budidaya padi meliputi : 
1. Menanam padi dilakukan 1 tahun sekali meskipun kegiatan ini pada dasarnya bisa dilakukan 2 kali dalam satu tahun.ini dilakukan masyarakat untuk memberi kesempatan kepada hewan ternak seperti kerbau dan sapi bebas mencari makan tanpa harus digembala oleh pemiliknya.Namun pada saat akan menaman padi, hewan ternak tersebut wajib ditangkap oleh pemiliknya untuk dipelihara dikandang atau diikat di tempat yang sudah disiapkan oleh pemilikinya. pada saat musim tanam ternak ini digembala oleh pemiliknya untuk mencari makan atau dengan cara pemilik yang ngambilkan rerumputan untuk pakan ternak. jika hal ini dilanggar, ternak yang merusak tanaman padi diperbolehkan dilukai dan pemilik tidak dapat menuntut ganti rugi terhadap cacatnya ternak tersebut. 
2. Menanam padi dilakukan serentak 
3. Menanam dan panen dilakukan dengan gotong-royong dari lahan satu ke lahan yang lainnya tanpa harus membayar upah. peristiwa ini oleh masyarakat Pasar Terusan disebut Pelarian, namun lebih dari 2 dekade kegiatan ini tidak lagi menjadi norma dalam budidaya.
         Ada pun kegiatan adat yang dilakukan pada budidaya padi yaitu setiap umur tanaman lebih kurang 30 hari setelah tanaman, masyarakat melakukan selamatan dengan membaca do'a dan tahlilan bersama di areal sawah. setiap keluarga yang menaman padi membawa makanan untuk dimakan bersama setelah membaca do'a. ada pun makanan khas pada acara tersebut adalah bubur merah putih. kegiatan ini dikenal oleh masyarakat adalah sedekah bubur. Tujuan dari kegiatan ini adalah mendo'akan agar tanaman padi tumbuh dengan subur dan memperoleh hasil panen. kegiatan ini juga merupakan wujud rasa syukur kepada sang pencipta (ALLAH SWT), tumbuhnya padi dikarenakan karunia dari ALLAH SWT. kegiatan sedekah bubur ini dilakukan turun temurun oleh masyarakat dan masih dilakukan hingga saat ini.

           

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "NORMA DAN ADAT BUDAYA DALAM BUDIDAYA PADI"

Post a Comment