MENGENAL TANAMAN COKLAT/KAKAO

Tanaman Coklat/kakao merupakan salah satu tumbuhan buah yang banyak ditanam oleh masyarakat kita sebagai tanaman budidaya untuk menambah bahkan menjadi sumber penghasilan masyarakat, tanaman ini  dapat tumbuh hampir diseluruh wilayah indonesia, pada periode1987/1988 menurut gill dan duffus Cocoa statistic, produksi coklat dunia mencapai 2.061 ribu ton, produksi tertinggi berasal dari kebun coklat afrika (sebanyak 17 negara) yakni sebanyak 1.089 ribu ton, menyusul Amerika Selatan (7 negara) sebanyak 588,1 ribu ton kemudian dari asia dan oseania (12 negara termasuk indonesia) sebnayak 288 ribu ton dan terkecil dari amerika utara sebanyak 96 ribu ton.

ICCO (International Cocoa Organization) memprediksi pertumbuhan permintaan kakao dunia akan meningkat sekitar 4 juta ton pertahunnya, kondisi ini harus bisa dimanfaatkan untuk memenuhi permintaan dari negara-negara pengimpor.

Tanaman Coklat/kakao termasuk dalam tumbuhan berbiji (spermatophyta) dengan biji tertutup (angiospermae) dan berkeping dua (Dicotyledoneae). dalam ilmu taksonomi tumbuhan tanaman coklat/kakao dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Devisi          : Spermatophyta
Sub Devisi  : Angiospermae
Kelas           : Dicotyledoneae
Ordo            : Malvales
Family         : Sterculiaceae
Genus          : Thoebroma
Species        : Theobroma cacao L.

sumber foto : cocoainfo.wordpress.com


Tanaman coklat/kakao merupakan kelompok tumbuhan biji yang berupa pohon yang batangnya keras dan berkayu. sebagai tumbuhan dikotil tanaman ini mempunyai sistem akar tunggang. batang dan akar mempunyai kambium sehingga dapat membesar. sebagai tumbuhan biji tertutup maka tananaman ini termasuk golongan dengan tingkat perkembangan yang tinggi. organ pada tumbuhan coklat/kakao ini meliputi akar, batang, daun, bunga, biji dan buah.

Coklat/kakao adalah tanaman pohon yang termasuk jenis tanaman darah panas, tinggi pohonnya 5-6 meter, berbunga dan berbuah sepanjang tanuh. buahnya bewarna ungu atau kuning yang bergantung pada batang-batang yang besar. bentuk buahnya lonjong dengan panjang antara 12-20 centimeter, mengandung biji-biji antara 50-100 biji. biji inilah yang diolah menjadi bubuk atau kristal untuk dibuat minuman atau makanan lezat lainnya.

Jenis coklat/kakao

berdasarkan bentuk buahnya, coklat dapat dikelompokan menjadi empat macam
- Anggoleta
- Cundeamor
- Amelonado
- Calabacillo

sedangkan dalam penggolongan coklat/kakao menurut E.E. Chesman coklat dibedakan menjadi 3  (tiga) kelompok besar yaitu :

Jenis Criollo 
Tanaman coklat jenis ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu central american criollos dan south american criollos, dimana sifat-sifatnya antara lain mempunyai banyak anggota yang berasal dari amerika tengah, bentuk biji bulat, keping biji putih, kadar lemak dalam biji lebih rendah dari jenis Forastero , mutunya tinggi tapi relatif lebih mudah diserang hama penyakit, dalam tatniaga jenis coklat/kakao ini termasuk kelompok coklat mulia (fine flavoured).

Jenis Forastero
Tanaman Coklat jenis ini dapat dibedakan menjadi 2 jenis yaitu Lower amazone forastero dan Upper amazone hybirds (UAH) , sifat tanaman coklat jenis ini antara lain mempunyai  banyak anggota yang tersebar luas di daerah tropika, bentuk bijinya lonjong, pipih dan keping bijinya bewarna ungu (gelap), kulit buahnya tipis tapi keras (liat) dan relatif tahan dari serangan beberapa jenis hama penyakit. dalam tata niaga coklat jenis ini termasuk kelompok coklat lindak (bulk).

Jenis Trinitario
Kelompok coklat/kakao jenis ini merupakan hasil perkawinan silang antara jenis Criollo dengan jenis forastero. sifat jenis coklat/kakao satu ini sangat beragam demikian juga dengan daya mutu dan hasil produksinya. dalam tataniaga kelompok coklat/kakao jenis Trinitario dapat masuk kedalam kelompok coklat/kakao mulia (Fine Flaovured) dan lindak (bulk) tergantung pada mutu produk biji yang dihasilkannya.

Tanaman coklat/kakao mulai memproduksi buah dari umur 2,5-3 tahun setelah tanam, produksi buah pada awal panen memang sedikit tapi akan terus bertambah seirin dengan bertambahnya umur tanaman. produktivitas tinggi dapat dicapai saat tanaman berumur 7-11 tahun, dan produktivitas akan kembali menurun sehingga tanaman tanaman tidak berproduksi.

coklat/kakao bisa berbuah sepanjang tahun, petani dapat melakuka panen 7-14 hari sekali, buah akan masak 5-6 bulan setelah masa penyerbukan, terdapat banyak cara untuk meningkatkan hasil panen, diantaranya dengan memacu pembungaan dan pemangkasan rutin. buah coklat/kakao yang sudah memenuhi kriteria panen harus segera dipetik agar kualitas mutu bijinya tidak turun. 

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "MENGENAL TANAMAN COKLAT/KAKAO"

  1. Selama ini saya tau coklat itu hanya sebuah warna dan aneka kue, tetapi setelah membaca artikel ini saya jadi tau kalau coklat itu adalah jenis buah. terimakasih infonya min, sangat membantu

    ReplyDelete