Peringatan Hari Pekerjaan Umum ke-72 dan Hari Nusantara Tahun 2017

Bertempat di Halaman Kantor Bupati Batanghari, pada Senin (18/12) pagi dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Pekerjaan Umum ke-72 dan Hari Nusantara Tahun 2017 tingkat Kabupaten Batanghari. Kapolres Batanghari bertindak sebagai Inspektur Upacara dan menyampaikan sambutan Bupati Batang Hari. 


Turut hadir pada Upacara tersebut, Sekda Batanghari, H. Bakhtiar, SP, Kepala BNNK Batanghari, para Kepala OPD dan para tamu undangan lainnya. Bupati Batanghari, dalam sambutannya yang disampaikan oleh Kapolres Batang Hari mengatakan Peringatan Hari Bakti Pekerjaan Umum yang diperingati setiap 3 Desember, tak lepas dari sejarah perjuangan para pegawai Departemen Pekerjaan Umum yang rela mengorbankan nyawanya demi mempertahankan Gedung Sate. Saat itu, 3 Desember 1945, tentara sekutu Belanda menyerang dan ingin mengambil alih Gedung Sate yang pada waktu itu merupakan Kantor Departemen PU. Namun, berkat perlawanan dan kegigihan tujuh pegawai PU, Gedung Sate dapat dipertahankan meski harus gugur di Medan pertempuran, ketujuh pegawai itu kini dijuluki Sapta Taruna. "Militasi dan daya juang yang tinggi dari pahlawan Sapta Taruna tersebut diharapkan dapat menjadi nafas setiap insan di Kabupaten Batang Hari, khususnya ASN yang bertugas di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Batang Hari serta ASN yang bertugas di Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Batang Hari, " kata kapolres. Masih dikatakan dalam sambutan Bupati, terlebih saat ini tugas pokok dan fungsi kedua dinas tersebut merupakan prioritas pembangunan guna mensukseskan misi ketiga Kabupaten Batang Hari yaitu " Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Infrastruktur Pelayanan Dasar Bagi Masyarakat".

Sedangkan Peringatan Hari Nusantara mempunyai makna yang sangat penting. Hari Nusantara mengingatkan kepada kita semua mengenai konsep wawasan Nusantara. "Pada peringatan ini kita sekali lagi meneguhkan tekad bahwa Indonesia adalah sebuah negara kesatuan yang tidak terpisahkan kendati secara geografis negara kita terdiri atas lebih dari 17.000 pulau," jelas Kapolres. Masih dijelaskannya, meskipun Kabupaten Batang Hari secara geografis tidak memiliki laut, tetapi kita mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk memanfaatkan, menjaga dan melestarikan potensi sumber daya laut, memberikan edukasi kepada generasi penerus tentang arti pentingnya konsep Indonesia sebagai Negara Maritim. "Semangat yang dicetuskan oleh Ir. H. Djoeanda ini harus dapat kita teladani dan diwariskan kepada generasi penerus kita,"tutup kapolres dalam sambutan Bupati. Upacara diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada OPD, dan dilanjutkan dengan foto bersama.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peringatan Hari Pekerjaan Umum ke-72 dan Hari Nusantara Tahun 2017 "

Post a Comment